RasakanPunyaku's Blog

Anak atau Sodara Kandung dapat menjadi Partner yang Baik

Posted on: Oktober 8, 2009

Bulan Ramadhan kemarin, benar-benar bulan yang penuh nikmat dan berkah. Pernyataan tersebut sangat cocok diberikan kepada Ibu Dirman, seorang pembuat kue yang berani membuka usaha pertamanya di bulan Ramadhan 1430H yaitu usaha Kue Kering. Dengan modal pertama Rp. 300.000 beliau membuat kue sebagai sampel dari kue kering yang dibuat kemudian diberikan secara cuma-cuma(promosi).Dalam waktu kurang dari seminggu beliau telah berhasil mempromosikan kue keringnya tersebut dengan hasil tidak kurang dari 145 toples kue kering dipesan.

Dalam proses pembuatan beliau tidak megerjakannya seorang diri, dengan di bantu oleh empat orang anaknya. Dari proses pembelian bahan kue; terigu, telor, gula dll , proses pembuatan; membuat adonan, pemanggangan, pendinginan dll proses pembungkusan (packing) hingga finishing touch. Dari semua proses tersebut seluruh anaknya memegang andil dalam proses yang dipertanggung jawabkan kepada mereka masing-masing tapi masih tetap dalam pengawasan sang Ibu.

Dalam pengerjaannya mereka memulai pada waktu pagi hari hingga petang, tidak jarang mereka memulai pada waktu ba’da sahur (shubuh) bahkan setelah sholat Tarawih mereka mengerjakannya kembali hingga larut, meskipun dalam pengerjaan mereka memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit bahkan di bulan puasa, pekerjaan pokok di rumah atau kewajiban mereka di luar itu semua tidak pernah tertinggal atau pasti tetap terlaksanakan dengan baik bahkan spirit ibadah bulan Ramadhan tetap terjaga dengan baik.

Dengan harga Rp.35.000/toples ukuran sedang, mereka mendapatkan untung yang tidak seberapa, tapi bagi sang Ibu dan ke-empat anaknya itu semua sudah lebih dari cukup, walaupun ke-empat anaknya itu dengan ikhlas membantu dan tidak mengharapkan sesuatu karena itu merupakan kewajiban seorang anak kepada orang tua tetap saja sang Ibu memberikan upah atas selama mereka membantu sebagai ucapan terima kasih. Tapi menurut beberapa langganannya harga tersebut tidak sesuai dengan rasa, ukuran dan kemasan, mereka dapat menaikan harganya Rp.40.000 hingga Rp.50.000/toples harga tersebut sudah disesuaikan karena mereka tinggal di daerah masyarakat menengah sampai menengah ke-bawah, meskipun begitu mereka tetap mensyukuri apa yang telah mereka dapat dari apa yang mereka kerjakan.

Karena respons dari para pelanggan baik, mereka berencana untuk meneruskan usaha tersebut untuk bulan Ramadhan yang akan datang, dan tidak hanya itu saja mereka juga membuka pesanan di luar bulan Ramadhan untuk moment-moment tertentu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

UNIVERSITAS GUNADARMA

Oktober 2009
S S R K J S M
    Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Laman

%d blogger menyukai ini: